Rangkuman Ilmu Pengetahuan Sosial – Ndipartidos

Ndipartidos.org adalah Situs Rangkuman Dari Semua Ilmu Pengetahuan Sosial
Sekilas Tentang Stratifikasi Sosial

Sekilas Tentang Stratifikasi Sosial

Sekilas Tentang Stratifikasi Sosial – Stratifikasi sosial sering terlihat jelas di banyak masyarakat suku Afrika di mana jenis kelamin dan usia memainkan peran besar dalam menentukan peran sosial.

  • Stratifikasi sosial adalah ciri umum masyarakat, di luar kasus ketidaksetaraan individu.
  • Stratifikasi sosial bersifat universal, tetapi bervariasi.
  • Stratifikasi sosial berakar pada kepercayaan masyarakat.

Stratifikasi sosial adalah sistem di mana masyarakat mengurutkan anggotanya berdasarkan kelompok ke dalam hierarki, biasanya dalam urutan yang mencerminkan kekayaan, status, dan / atau kekuasaan mereka. Tempat individu dalam hierarki ini akan memengaruhi peluang, sumber daya, dan bahkan terkadang hak yang tersedia bagi mereka. Dalam masyarakat bertingkat, kelas atas akan memiliki lebih banyak akses dan kendali atas sumber daya dan posisi kekuasaan, sementara kelas bawah akan memiliki akses yang jauh lebih sedikit dan lebih sedikit keuntungan dalam hidup.

Empat Sifat Dasar Stratifikasi Sosial

  1. Stratifikasi sosial adalah ciri umum masyarakat, di luar kasus ketidaksetaraan individu. Garis antara kelas atas dan bawah akan menjadi jelas dan berbeda, dan ketidaksetaraan antara keduanya akan konsisten.
  2. Stratifikasi sosial berlanjut dari generasi ke generasi. Anak-anak yang lahir di kelas yang lebih tinggi kemungkinan besar akan mewariskan kekayaan, kekuasaan, dan pengaruh orang tua mereka kepada anak-anak mereka sendiri, dan anak-anak yang lahir di kelas yang lebih rendah kemungkinan besar akan menghadapi rintangan yang sangat besar untuk mencapai kelas yang lebih tinggi daripada orang tua mereka.
  3. Stratifikasi sosial bersifat universal, tetapi bervariasi. Itu terjadi di berbagai jenis masyarakat, tetapi dapat terwujud dengan cara yang sangat berbeda dalam masyarakat yang berbeda.
  4. Stratifikasi sosial berakar pada kepercayaan masyarakat. Garis-garis stratifikasi masyarakat cenderung mencerminkan sikap dan filosofi masyarakat, terutama hal-hal apa yang mereka anggap berharga atau layak mendapat status tinggi.

Jenis Umum Stratifikasi Sosial

Ada banyak cara dimana stratifikasi sosial dapat terwujud dalam masyarakat, dan lebih dari satu jenis stratifikasi sosial dapat mempengaruhi masyarakat tertentu pada suatu waktu. Beberapa jenis stratifikasi sosial yang paling umum meliputi:

Jenis kelamin

Sebuah masyarakat di mana laki-laki secara inheren diberi hak lebih tinggi dan akses ke kekuasaan atas dasar jenis kelamin mereka disebut patriarki. Sebuah masyarakat di mana hal ini berlaku untuk perempuan, sebaliknya disebut matriarki.

Usia

Masyarakat sering kali memisahkan anggotanya menjadi beberapa kelompok berdasarkan usia, dengan harapan dan peluang berbeda yang diberikan kepada setiap kelompok. Contoh stratifikasi usia dalam masyarakat adalah usia dewasa menurut hukum Amerika yang ditetapkan pada 18, yang berarti bahwa anak-anak berusia 17 tahun ke bawah memiliki seperangkat hak dan keistimewaan yang lebih terbatas dibandingkan dengan orang dewasa.

Ras

Stratifikasi sosial berdasarkan ras seringkali merupakan hasil dari sikap rasis dalam masyarakat yang bersangkutan. Dalam masyarakat yang dikelompokkan berdasarkan ras, biasanya kelompok mayoritas akan menjadi sebagian besar dari kelas atas dan menikmati hak istimewa yang tidak dimiliki oleh orang-orang dari etnis lain di kelas bawah.

Kekayaan

Sekilas Tentang Stratifikasi Sosial

Stratifikasi berdasarkan kekayaan sering kali merupakan salah satu jenis stratifikasi sosial yang paling luas, karena menjadi lebih mudah bagi seseorang untuk mendapatkan dan mengumpulkan lebih banyak kekayaan begitu mereka sudah kaya, dan kekayaan mudah diwariskan dari generasi ke generasi. Di Amerika pada tahun 2019, 3 orang terkaya di negara ini memiliki kekayaan di antara mereka sebanyak gabungan 50 persen orang terbawah di Amerika, yang merupakan contoh ekstrim dari seberapa banyak ketidaksetaraan stratifikasi kekayaan dapat berkembang ketika dibiarkan tumbuh selama bertahun-tahun.