”Aspek-aspek Serta Cabang dari Ilmu Alam Dan Ilmu Sosial” -Mempelajari Ilmu alam adalah rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun. Ilmu-ilmu alam mempelajari dunia fisik yang relatif tetap dan mudah dikontrol. Obyek-obyek penelaahan ilmu-ilmu alam dapat dikatakan tak pernah mengalami perubahan baik dalam perspektif waktu maupun tempat. Ilmu alam mempelajari aspek-aspek fisik & nonmanusia tentang Bumi dan alam sekitarnya.

 Ilmu-ilmu alam membentuk landasan bagi ilmu terapan, yang keduanya dibedakan dari ilmu sosial, humaniora, teologi, dan seni.Sebuah batuan yang menjadi obyek penelaahan kita tetapa merupakan batuan yang mempunyai karakteristik yang sama dimana dan kapan pun juga. Hal ini sangat berlainan keadaannya dengan manusia yang menjadi obyek penelaahan ilmu-ilmu sosial. Manusia mempunyai satu karakteristik yang unik yang membedakan dia dari wujud yang lain. Ia mempunyai kemampuan untuk belajar dan dan disebabkan oleh faktor belajar itu dia mengembangkan kebudayaan yang terus berubah dalam kuru zaman.

Setiap manusia memiliki karakteristik yang tidak hanya bervariasi dari waktu ke waktu tetapi juga dari satu tempat ke tempat lain sesuai dengan kebudayaan yang berhasil dikembangkannya. Cabang-cabang utama dari ilmu alam adalah:

* Astronomi * Biologi * Ekologi * Fisika * Geologi * Geografi fisik berbasis ilmu * Ilmu bumi * Kimia Dibandingkan dengan ilmu pengetahuan alam yang sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, ilmu-ilmu sosial agak tertinggal di belakang. https://www.griyabet88.com/ Jika diketahui lmu sosial memiliki aspek-aspek masyarakat secara subjektif, inter-subjektif, dan objektif atau struktural, sebelumnya dianggap kurang ilmiah bila dibanding dengan ilmu alam. ilmu sosial adalah ilmu tentang perilaku kehidupan makhluk hidup yag bermasyarakat.

Dan yang termasuk kedalam bagian ilmu sosial itu seperti sosiologi,antropologi,psikologi politik,dll. Cabang-cabang utama dari ilmu sosial adalah: * Antropologi, yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu * Ekonomi, yang mempelajari produksi dan pembagian kekayaan dalam masyarakat * Geografi, yang mempelajari lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi * Hukum, yang mempelajari sistem aturan yang telah dilembagakan * Linguistik, yang mempelajari aspek kognitif dan sosial dari bahasa * Pendidikan, yang mempelajari masalah yang berkaitan dengan belajar, pembelajaran, serta pembentukan karakter dan moral * Politik, yang mempelajari pemerintahan sekelompok manusia (termasuk negara) * Psikologi, yang mempelajari tingkah laku dan proses mental * Sejarah, yang mempelajari masa lalu yang berhubungan dengan umat manusia * Sosiologi, yang mempelajari masyarakat dan hubungan antar manusia di dalamnya

Next Post

Ilmu Sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari

Fri Oct 25 , 2019
Ilmu Sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari -Ilmu pengetahuan sosial adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, […]
Imu-Sosial-dasar-dalam-kehidupan-sehari-hari